Welcome Guest [Log In] [Register]
Add Reply
Tentang Nama
Topic Started: Dec 28 2016, 07:50 AM (353 Views)
admin
Member Avatar


     NAMA BELAKANG



Di Middle Earth, umumnya orang-orang tidak memiliki nama belakang, baik berupa marga ataupun bukan. Mereka yang menggunakan nama belakang seringnya merupakan ras manusia (hanya berlaku di daerah-daerah tertentu, seperti Bree) dan hobbit. Selain itu, orang-orang biasanya dikenal dengan 'son of' (putra dari) atau 'daughter of' (putri dari) di belakang nama mereka, seperti Faramir son of Denethor. Nama-nama belakang seperti yang dimiliki Elrond Half-elven, Arwen Undomiel, Aragorn II Elessar, atau Thranduil Elvenking bersifat lebih seperti julukan. Julukan tersebut bisa berupa pemberian orang lain (Aragorn Elessar), atau didapatkan atas suatu kondisi tertentu (Elrond Half-elven).

Untuk forum Tales of Middle Earth, nama belakang yang digunakan untuk username dapat berupa marga, nama klan, atau julukan dalam bahasa apa pun (Sindarin, Quenya, Westron, dll). Namun nama tersebut tidak berfungsi sebagai marga, kecuali jika dikehendaki demikian. Untuk nama belakang yang memang didapatkan karena marga, biasanya dimiliki oleh keluarga yang sudah lama tinggal di Bree-land atau Shire.

Bree-land
Marga di Bree-land, terutama di Bree, biasanya menggunakan kata-kata yang berkaitan dengan tanaman, seperti Appledore, Thistleway, Butterbur, atau Ferny. Kadang mereka dirujuk menggunakan marga alih-alih nama depan masing-masing. Namun umumnya mereka menggunakan nama depan.

Shire
Hobbit penghuni Shire secara garis besar saling berelasi. Shire dihuni oleh penduduk dengan marga-marga seperti Boffin, Baggins, Underhill, Proudfoot, Gardner, dll. Marga-marga hobbit kadang tidak memiliki makna tertentu (Took), tapi sebagian bersifat deskriptif (Underhill, Fallohide). Beberapa hobbit di Bree memiliki marga seperti Townsend, yang artinya diduga merujuk pada area tempat tinggal mereka. Daftar marga di Shire selengkapnya bisa dilihat di sini.

Offline Profile Quote Post Goto Top
 
admin
Member Avatar


     MANUSIA



Bree-land
Penduduk Bree-land biasanya menggunakan nama-nama yang umum digunakan dalam bahasa Inggris. Biasanya nama yang digunakan hanya terdiri dari satu suku kata, seperti Ned, Bill, Will, Tom; tapi nama-nama dengan suku kata lebih pun tidak jarang, seperti Barliman, Humphrey, atau Cuthbert. Nama-nama perempuan yang sering ditemukan nama-nama seprti Ellie, Dora, Adela, Clara, Amabel, Maribel, atau Livina.

Dale & Rohan
Manusia keturunan Dale cenderung menggunakan nama-nama Anglo-Saxon seperti Bard, Eadald, Hengest, Eomer, Erkenbrand, atau Théoden untuk laki-laki, dan Ethelhild, Beornwyn, Cynwise, Leofwen, atau Éorwyn untuk perempuan.

Suku kata depan yang umum ditemukan untuk laki-laki adalah Ald-, An-, Beo-, Beorth-, Cen-, Ceol-, Cuth-, Ead-, Egel-, Elf-, Esc-, Ethel-, Forth-, Frea-, Grim-, Guth-, Hes-, Ord-, dan Theod-; sementara suku kata akhir yang umum ditemukan untuk laki-laki adalah -bryt, -dryt, -ea, -ferth, -frid, -frith, -gar, -helm, -here, -laf, -nath, -red, -ric, -rid, -sig, -stan, -thryth, -werd, -wald, -wig, -wine, and -wulf.

Suku kata depan yang umum ditemukan untuk perempuan adalah Elf-, Esc-, Ethel-, Beorn-, Ceo-, Cwen-, Cyn-, Ead-, Eal-, Here-, Leof-, and Wulf-; sementara suku kata akhir yang umum ditemukan untuk perempuan adalah -bur, -fled, -gifu, -leofu, -swith, -thryth, -waru, -wen, dan -wyn.

Gondor
Di Gondor, kebanyakan orang-orangnya memiliki nama berbahasa Sindarin. Hanya sedikit penduduk yang tidak menggunakan nama di luar bahasa tersebut. Contoh nama-nama Gondor adalah Beregond, Boromir, dan Faramir untuk laki-laki, serta Gilraen dan Ioreth untuk perempuan.

Suku kata depan yang umum ditemukan untuk laki-laki adalah Adan-, Aeg-, Am-, Aran-, Bara-, Beleg-, Celeb-, Curu-, Dag-, El-, Fela-, Fin-, Gal-, Gil-, Hal-, Ing-, Lin-, Mal-, Pen-, Tar-, Thurin-, dan Ul-; sementara suku kata akhir yang umum ditemukan untuk laki-laki adalah -adan, -aran, -bor, -born, -dir, -dor, -had, -ion, -las, -or, -orn, -phant, -phor, -randir, -ras, -rod, -rond, -ros, -thelion, -thir, -uil, dan -vorn.

Suku kata depan yang umum ditemukan untuk perempuan adalah Adan-, And-, Ar-, Bel-, Breg-, Celeb-, Dol-, Edhel-, El-, Fan-, Find-, Galadh-, Gil-, Hir-, Ior-, Ir-, Lal-, Mel-, Mor-, Nim-, Rod-, Sael-, dan Tinú-; sementara suku kata akhir yang umum ditemukan untuk perempuan adalah -anor, -dal, -dis, -el, -eth, -iel, -il, -gil, -los, -raen, -riel, -rian, -uilas, -uilos, -wen, dan -wing.

Offline Profile Quote Post Goto Top
 
admin
Member Avatar


     HOBBIT



Hobbit laki-laki biasanya menggunakan nama-nama yang sederhana diiringi akhiran -o, seperti Bilbo dan Frodo. Selain itu, mereka juga menggunakan nama-nama aristokrat yang berasal dari bahasa Frankish atau Gothic. Suku kata depan yang umum ditemukan untuk laki-laki adalah: Adel-, And-, Bando-, Dino-, Dod-, Ever-, Ferd-, Ferum-, Fortin-, Fred-, Gorma-, Hal-, Ham-, Hildi-, Hol-, Isen-, Isum-, Marma-, Meri-, Regin-, Sara-, Sere-, Thae-, Tol-, dan Wil-; sementara suku kata akhir yang umum ditemukan adalah -acar, -ard, -bald, -bard, -brand, -bras, -come, -das, -dic, -doc, -egar, -fast, -fred, -gar, -gard, -grim, -ing, -lac, -las, -loc, -mac, -man, -mond, -nas, -red, -ric, -roc, -son, dan -wise.

Untuk hobbit perempuan, mereka menggunakan aturan penamaan yang sama dengan hobbit laki-laki, namun menggunakan akhiran -a, atau murni menggunakan nama-nama yang berhubungan dengan bebatuan mulia atau tanaman. Contoh nama-nama hobbit perempuan: Belladonna, Dora, Esmerelda, Lobelia, Ruby, Sapphire, dan Tulip.

Offline Profile Quote Post Goto Top
 
admin
Member Avatar


     PERI & KURCACI



Peri
Sama seperti manusia Gondor, bangsa peri hampir semuanya memiliki nama Sindarin. Sangat jarang peri-peri yang memiliki nama di luar bahasa tersebut.

Suku kata depan yang umum ditemukan untuk peri laki-laki adalah Adan-, Aeg-, Am-, Aran-, Bara-, Beleg-, Celeb-, Curu-, Dag-, El-, Fela-, Fin-, Gal-, Gil-, Hal-, Ing-, Lin-, Mal-, Pen-, Tar-, Thurin-, dan Ul-; sementara suku akhir yang umum ditemukan untuk perempuan adalah -adan, -aran, -bor, -born, -dir, -dor, -had, -ion, -las, -moth, -or, -phant, -phor, -randir, -ras, -rod, -rond, -ros, -thalion, -thir, -uil, dan -we.

Suku kata depan yang umum ditemukan untuk peri perempuan adalah Adan-, And-, Ar-, Bel-, Breg-, Celeb-, Dol-, Edhel-, El-, Fan-, Find-, Galadh-, Gil-, Hir-, Ior-, Ir-, Lal-, Mel-, Mor-, Nim-, Rod-, Sael-, dan Tinu-; sementara suku kata akhir yang umum ditemukan untuk peri perempuan adalah -anor, -dal, -dis, -el, -eth, -iel, -il, -gil, -los, -raen, -reth, -riel, -rian, -rien, -uilas, -uilos, -wen, dan -wing.

Kurcaci
Bangsa kurcaci memiliki nama Skandinavia (Norse-styled) yang sangat, sangat sederhana. Biasanya nama mereka diawali dengan satu atau dua huruf konsonan seperti D-, F-, G-, H-, Dr-, Dw-, Fl-, Gl-, Thr-, R-, T-, atau Th-; lalu digabung dengan akhiran seperti -ori, -óin, -íli, -alin, -orin, -osi, -imli, dan ormur. Beberapa kurcaci memiliki nama yang lebih rumit, berupa sebuah kata dengan akhiran tertentu (Skorgrim) atau nama yang sama sekali berbeda (Einskaldir).

Offline Profile Quote Post Goto Top
 
admin
Member Avatar


     LINK



Berikut adalah daftar tautan dari situs-situs yang bisa membantu memilih nama:
Kalau lebih suka generator, bisa dicari di sini:
Seandainya masih membutuhkan nama yang lebih spesifik, dapat memohon bantuan melalui topik Pertanyaan. Jika memiliki sumber tautan lain dan ingin menambahkannya ke daftar ini, silakan laporkan melalui topik Kritik & Saran.

Edited by admin, Feb 5 2017, 11:49 PM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
DealsFor.me - The best sales, coupons, and discounts for you
« Previous Topic · Informasi · Next Topic »
Add Reply